Rabu, 07 Januari 2015

Memahami Organisasi dan Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer :

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.

Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.


Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1.    Set instruksi (ISA)
2.    Arsitektur mikro dari ISA, dan
3.    Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Organisasi Komputer :
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut –atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol

Perbedaaan Utamanya
Organisasi Komputer :
  • Bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional sebuah komputer. Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
  • Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan alur proses pengeksekusian sebuah program yang merupakan interaksi antara input (user) dan mesin pengolah lalu dikeluarkan pada output tertentu. Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Arsitektur von Neumann
Arsitektur von Neumann (Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Dengan unit sederhana ini, sebuah software yang rumit, seperti software pengolah kata Dapat dibuat. Arsitektur Von Neumann menyediakan fitur penyimpanan dan modifikasi program secara mudah.
Mesin von Neumann mempunyai program dan data daerah memory yang sama. Model ini membutuhkan berbagai pengumpulan program dan data untuk membentuk instruksi. Pengumpulan program dan data diselesaikan menggunakan time division multiplexing yang akan berpengaruh pada performa mikrokontroler itu sendiri.

Pertanyaan lebih jauh mengenai arsitektur von Neumann adalah: mengapa von Neumann? adakah arsitektur lain yang dipakai sekarang? apa karakteristik model arsitektur yang ada? saya akan mengupload detailnya dari terjemahan sebuah paper dari penulis H. Norton Riley, California State Polytechnic University. sumber disini


- Diagram Arsitektur von Neumann

Ada dua unit operasi dasar dalam mesin ini : ALU dan I/O,
  • ALU melakukan inti operasi : perkalian, penjumalahan, pengurangan, dll.
  • Unit I/O menangani aliran data eksternal.



Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Adapun cara kerja model Von Neumann, yaitu :
  • Main memory menyimpan data dan program
  • BUS mentransfer data, alamat dan mengontrol signal. Baik itu dari atau ke memory maupun dari atau ke perangkat lainnya.
    CPU
  • Control Unit menangkap intruksi dan mengeksekusinya
  • ALU (Arithmetic Logic Unit) melakukan operasi (menambah, mengurangi, dll)
  • Register (Fast Memory) menyimpan hasil sementara dan informasi kontrol (alamat instruksi berikutnya)
  • Perangkat I/O menjadi tempat penghubung antara user dan komputer.

Cara Kerja Von Neumann
Cara kerjanya adalah satu CPU mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu. Adapun karakteristik model SIMD ini :
  • Mendistribusi proses ke sejumlah besar hardware.
  • Beroperasi terhadap berbagai elemen data yang berbeda
  • Melaksanakan komputasi yang sama terhadap semua elemen data
Kelebihan & Kekurangan Model Von Neumann
  • Kelebihan Von Neumann adalah pada fleksibilitas pengalamatan program dan data. Biasanya program selalu ada di (ROM=Read Only Memory ) dan data selalu ada di (RAM=Random Access Memory). Arsitektur Von Neumann memungkinkan prosesor untuk menjalankan program yang ada didalam memori data (RAM). Misalnya pada saat power on, dibuat program inisialisasi yang mengisi byte di dalam RAM. Data di dalam RAM ini pada gilirannya nanti akan dijalankan sebagai program. Sebaliknya data juga dapat disimpan di dalam memori program (ROM)
  • Kekurangan Arsitektur Von Neumann adalah bus tunggalnya itu sendiri. Sehingga instruksi untuk mengakses program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa dilakukan overlaping untuk menjalankan dua isntruksi yang berurutan. Selain itu bandwidth program harus sama dengan banwitdh data. Jika memori data adalah 8 bits maka program juga harus 8 bits. Satu instruksi biasanya terdiri dari opcode (instruksinya sendiri) dan diikuti dengan operand (alamat atau data). Karena memori program terbatas hanya 8 bits, maka instruksi yang panjang harus dilakukan dengan 2 atau 3 bytes. Misalnya byte pertama adalah opcode dan byte berikutnya adalah operand. Secara umum prosesor Von Neumann membutuhkan jumlah clock CPI (Clock per Instruction) yang relatif lebih banyak dan walhasil eksekusi instruksi dapat menjadi relatif lebih lama.

Ingin mengetahui lebih jauh dan mencoba sendiri simulasi arsitektur von Neumann? saya cari-cari di sourceforge.net dan mendapatkan program bagus berikut. Johny Simulator. ada instrusksinya dari bahasa Inggris dan Italia.

Selamat Mencoba!
3.6. Memahami Organisasi dan Arsitektur Komputer
4.6. Menyajikan gambar struktur sistem komputer Von Neumann
Pengantar Organisasi dan Arsitektur Komputer
  • Pengertian dan perbedaan organisasi dan arsitektur komputer
  • Struktur dan fungsi utama komputer
  • Konsep dasar operasi komputer
  • Struktur mesin Von Neumann
Sejarah perkembangan teknologi sistem komputer dari generasi ke generasi
Mengamati
Tayangan tentang Organisasi dan Arsitektur Komputer  dari beberapa sumber belajar 
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau teks pembelajaran Organisasi dan Arsitektur Komputer
Eksperimen/Eksplorasi
  • Membuat perbandingan pemahaman tentang perbedaan antara organisasi komputer dan arsitektur komputer
  • Mengeksplorasi organisasi dan arsitektur komputer
( evolusi komputer )
Asosiasi
Menganalisis keterkaitan  antara sistem komputer yang terkini dengan struktur mesin Von Neumann
Mengkomunikasikan
Menyajikan gambar dari struktur mesin Von Neumann

Tidak ada komentar:

Posting Komentar